INFO PENTING
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1443 H | Selalu Pastikan Saldo E-Toll anda cukup sebelum memasuki Jalan Tol | Ingat Virus Corona masih ada terus terapkan Protokol Kesehatan | Transaksi jalan Tol Kunciran - Serpong yang semula Transaksi Terbuka menjadi Transaksi Tertutup. |

Perubahan Sistem Transaksi Tol Kunciran - Serpong

SHARE

PRESS RELEASE
Jasamarga Metropolitan Tollroad
No. xx/2021
Tanggal xx  April  2021 

* Mulai Tanggal 02 April 2021 Pukul 22.00 WIB Akan Diberlakukan Perubahan Sistem Transaksi Jalan Tol Ruas Kunciran-Serpong, Dampak Dioperasikannya Jalan Tol Serpong – Cinere Ruas Serpong-Pamulang dan Jalan Tol Cengkareng – Batuceper – Kunciran* 

Tangerang Selatan (xx/04), Sehubungan dengan telah diresmikannya Jalan Tol Serpong-Cinere  Ruas Serpong-Pamulang dan Jalan Tol Cengkareng – Batuceper-Kunciran oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis, 01 April 2021 maka kedua jalan tol tersebut akan mulai dioperasikan mulai tanggal 02/04 pukul 22.00 WIB. Bersamaan dengan pengoperasian kedua ruas tol tersebut, sebagai bagian dari jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road II (JORR II), akan dilakukan pula perubahan sistem transaksi pada Jalan Tol Kunciran-Serpong yang dikelola oleh Anak Usaha Jasa Marga yaitu PT Marga Trans Nusantara (MTN). 

Sistem transaksi di Jalan Tol Kunciran-Serpong yang semula menggunakan Sistem Transaksi Terbuka Proporsional berubah menjadi Sistem Transaksi Tertutup Terintegrasi. Penggunaan Sistem Transaksi Tertutup ini mengharuskan pengguna jalan melakukan dua kali tapping di Gerbang Tol (GT), tapping pertama adalah untuk mengetahui asal GT (saldo e-toll tidak terpotong), dan tapping kedua untuk melakukan pembayaran tol (saldo e-toll terpotong). 

Sebagai dampak dari perubahan sistem transaksi ini, maka PT MTN akan mengoperasikan GT Parigi dan GT Jelupang yang berada di Jalan Tol Kunciran-Serpong. Sehingga bagi pengguna jalan yang memasuki Jalan Tol Kunciran-Serpong melewati GT Parigi dan GT Jelupang, harus melakukan tapping pertama untuk mengetahui asal GT dan akan melakukan tapping pembayaran tol di GT keluar dengan menggunakan kartu tol yang sama saat tapping pertama. Sementara pengguna jalan yang akan keluar melalui GT Parigi dan GT Jelupang akan melakukan tapping pembayaran tol di GT tersebut sesuai dengan asal tujuan masing-masing. 

Perubahan sistem transaksi ini tidak berpengaruh terhadap besaran tarif Jalan Tol Kunciran-Serpong. Tarif yang digunakan sesuai dengan Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1164/KPTS/M/2019 tanggal 06 Desember 2019 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol pada Jalan Tol Kunciran-Serpong yang ditetapkan oleh Menteri PUPR, dengan rincian sebagai berikut : 

1.Junction Kunciran – Simpang Susun Parigi dan Simpang Susun Parigi – Junction Kunciran :
Gol. I : Rp 12.000,-
Gol. II & III : Rp 18.000,-
Gol. IV & V : Rp 24.000,- 

2.Junction Serpong – Simpang Susun Parigi dan Simpang Susun Parigi – Junction Serpong :
Gol. I : Rp 8.000,-
Gol. II & III : Rp12.000,-
Gol. IV & V : Rp15.500,- 

Jalan Tol Kunciran-Serpong ini terintegrasi dengan Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang dan Jalan Tol Kunciran-Batuceper-Cengkareng sebagai bagian dari jaringan Jalan Tol JORR II. Dengan dibukanya Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang dan Jalan Tol Kunciran-Batuceper-Cengkareng, pengguna jalan asal Pamulang, Serpong dan sekitarnya bisa melakukan perjalanan menerus menuju Bandara Soekarno-Hatta, demikian pula sebaliknya. Sehingga pengguna jalan akan masuk melalui GT Pamulang Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang (tapping asal GT) dan keluar di GT Husein Sastranegara Jalan Tol Kunciran-Batuceper Cengkareng (tapping bayar tol). 

Selama masa sosialisasi paska diresmikan, Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang dan Jalan Tol Kunciran-Batuceper Cengkareng akan dioperasikan tanpa tarif. Perjalanan menerus dari Pamulang sampai dengan Bandara Soekarno-Hatta sementara hanya akan dikenakan tarif Tol Kunciran-Serpong. 

Hal ini diperjelas oleh Presiden Direktur PT MTN Truly Nawangsasi, “Selama masa sosialisasi Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang dan Jalan Tol Kunciran-Batuceper Cengkareng yang baru diresmikan, pengguna jalan dari arah Pamulang menuju ke Bandara Soekarno-Hatta yang masuk dari GT Pamulang Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang dan keluar di GT Husein Sastranegara Tol Kunciran-Batu Ceper Cengkareng, hanya akan membayar tarif Jalan Tol Kunciran-Serpong, dan karena sudah terintegrasi pembayaran Tol Kunciran-Serpong tersebut dilakukan di GT keluar (GT Husein Sastranegara),” ujar Truly. 

Diharapkan dengan telah terintegrasinya sebagian jaringan Jalan Tol JORR II dapat memperlancar arus distribusi barang dan jasa serta akan meningkatkan roda perekonomian di wilayah Jakarta dan sekitarnya. 

Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol agar dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol. Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan di Tempat Istirahat, isi BBM dan saldo uang elektronik yang cukup, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan Petugas serta istirahat jika lelah berkendara. Informasi lalu lintas di seputar jalan tol dapat diakses melalui Call Center 24 Jam di nomor 14080.